• Jelajahi

    Copyright © antena.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Pemda




    Produksi Film Nilai Budaya Sebagai Ajang Promosi Pariwisata yang Terbaik di Anambas

    01/10/24, 16:32 WIB Last Updated 2024-10-01T13:30:58Z
    masukkan script iklan disini


    Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Dewi Nolly, di Tarempa, Selasa, 01 Oktober 2024. (foto:antena.id)

    Anambas, antena.id - Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau menyimpan beragam destinasi wisata, sampai- sampai wisata Kepulauan Anambas kerap mendapat julukan surga kecil di perbatasan Indonesia.

    Ratusan pulau- pulau berjajar membentuk gugusan pulau yang indah, laut yang luas membentang air yang biru dan berisi keindahan dibawahnya.

    Bahkan pulau- pulau yang indah ini memiliki sebuah warisan budaya yang memesona, salah satunya Tarian Gobang yang berasal dari Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

    Tarian Gobang bukan sekadar hiburan semata, melainkan sebuah perwujudan tradisi dan identitas masyarakat setempat yang penuh dengan makna dan cerita.

    "Gubang adalah seni tari dan musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Pulau Jemaja di Kabupaten Anambas yang tercatat sebagai warisan budaya tak benda di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," sebut, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Dewi Nolly, di Tarempa, Selasa, 01 Oktober 2024.

    Gubang adalah seni tari dan musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Pulau Jemaja di Kabupaten Anambas. 

    Dewi Nolly, mengatakan, pelestarian budaya adalah upaya untuk mempertahankan nilai - nilai seni dan nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan secara nyata.

    Kendati demikian, tentunya penggiat seni yang ada di Kepulauan Anambas perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, baik itu seni tari, seni musik dan perfilman.

    Selain itu, ia menyebut ada sebanyak 39 sanggar seni yang aktif di Kabupaten Kepulauan Anambas, mereka biasanya terlibat dalam acara festival keparwisataan dan kebudayaan di daerah ini, terkait hal itu tentunya kecintaan di dunia seni di Kabupaten Kepulauan Anambas sangatlah tinggi.

    Tidak hanya itu saja, Kepulauan Anambas juga memiliki pencipta lagu melayu Anambas, musik, fotografer dan koreografer, mereka para penggiat seniman putra- putri terbaik di daerah ini. 

    Sementara itu, kata dewi, Kepulauan Anambas, memiliki nilai budaya yang memesona bahkan pemandangan keindahan alamnya begitu luar biasa.

    Menurut, Dewi, pembuatan perfilman tentang nilai kebudayaan adalah cara promosi yang dapat disungguhkan untuk memperkenalkan Kepulauan Anambas sampai di tingkat nasional hingga internasional.

    Seperti Kepulauan Bangka Belitung, di Sumatra Selatan yang terkenal dengan perfilman Laskar Pelangi dan Kabupaten Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau terkenal dengan perfilman Jelita Sejuba yang tidak meninggalkan nilai-nilai budaya, inspirasi dan edukasinya.

    (Fai)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini